Polkadot Run for Leprosy

Polkadot Run for Leprosy




               Pada tanggal 15 Maret 2015, saya mengikuti kegiatan di Alam Sutera yang bernama "Run For Leprosy".  Acara ini merupakan acara lari pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk rekan-rekan yang mengalami/pernah kusta. Saat ini Indonesia berada di urutan ke 3 tertinggi di dunia. Diharapkan dengan adanya acara ini, pengetahuan masyarakat akan kusta meningkat.
               Leprosy sendiri atau yang biasa dikenal dengan penyakit kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Leprae. Pada mulanya kusta ini merupakan penyakit granuloma pada saraf periferi dan membran mukosa yang berada di trek pernapasan atas. Sedangkan kudis kulit merupakan gejala awal luaran. Ciri dari penyakit kusta ini ditandai dengan otot yang melemah dan tidak bisa merasakan panas atau dingin jika kulit yang terserang disentuh. Jika tidak dirawat dengan baik, kusta ini bisa menjadi lebih progresif, menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf, otot dan mata. Pada zaman dulu, kusta tidak dapat disembuhkan namun sekarang kusta dapat disembuhkan dengan cara terapi dengan menggunakan berbagai antibiotik. 
               Acara ini terbagi jadi dua yaitu lari 5 km dan 10 km. Aku mendaftar untuk jalur 5 km. Awalnya aku tidak ada minat untuk ikut acara ini. Tapi setelah ikut acara ini rasanya senang dan puas karena tidak cuma sehat tapi aku juga bisa membantu sesama dengan ikut acara ini dan memberi semangat bagi mereka yang saat ini mengalami/pernah kusta. Ada banyak sekali stand di acara tersebut dan ada juga live performance dari berbagai band. Acara ini dimulai dan diakhiri di Binus University. Sebelum jam lari dimulai, Binus sudah penuh dengan banyak orang. Aku tidak mengira akan ada orang sebanyak itu yang ikut acara ini tapi aku senang banyak yang ikut dan ini bisa mengajak orang untuk lebih peduli pada orang-orang yang terkena/pernah kusta. 

RACE START!


               Komitmen saya terhadap penyakit kusta ini adalah untuk mencoba menyebarkan pengetahuan mengenai kusta kepada orang-orang yang masih menganggap kusta itu sebuah kutukan. Saya ingin membuat masyarakat untuk lebih peduli pada orang yang terkena/pernah kusta karena setiap orang berhak untuk punya hidup yang layak dan itu tidak terkecuali pada orang yang terkena/pernah kusta. Kita juga perlu memberikan semangat pada mereka agar mereka tetap dapat menjalankan hidup mereka selayaknya orang-orang pada umumnya karena semangat itu yang terpenting untuk kesembuhan mereka. Mereka tidak bisa sembuh secara otomatis kalau dalam diri mereka tidak merasakan semangat untuk sembuh dan menjadi utuh seperti semula.
               Menurutku sosialisasi mengenai kusta itu perlu karena beberapa masyarakat masih menganggap kalau orang yang terkena kusta itu tidak layak untuk hidup bersama kita. Masyarakat perlu diberikan pengetahuan mengenai kusta agar mereka mengerti mengenai kusta dan memberi semangat bagi orang yang terkena kusta serta mencegah masyarakat untuk terkena kusta. Hal ini bisa dilaksanakan dengan mendatangkan ahlinya untuk memberikan sebuah pembicaraan mengenai kusta. Bisa juga dengan menunjukkan support kepada masyarakat yang terkena kusta dengan cara mendatangi orang-orang tersebut dan menunjukkan support serta membawa semangat pada mereka. Sudah seharusnya kita sebagai masyarakat yang sehat dan berkecukupan untuk membantu mereka yang berkekurangan dan membutuhkan uluran tangan kita.

Pictures at Run for Leprosy

Selfie before the race!
In the middle of the race
Race done!

     

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll